Soba

Soba

Tambahkan biaya diet Anda

Soba

Buckwheat adalah tanaman yang sedikit dikenal dan kurang dihargai yang secara tradisional dikonsumsi dalam budaya Asia dan Eropa Timur. Dengan meningkatnya minat baru-baru ini pada makanan bebas gluten dan organik, soba menjanjikan berbagai manfaat kesehatan yang mengesankan.

Butir atau biji?

Soba, juga dikenal sebagai Fagopyrum esculentum , adalah makanan padat nutrisi sejak ribuan tahun. Meskipun umumnya dianggap sebagai biji-bijian, gandum sebenarnya diklasifikasikan sebagai biji. Karena itu, mengandung kandungan nutrisi yang tinggi dan merupakan alternatif gandum bebas gluten yang terjadi secara alami. Studi menunjukkan berbagai manfaat kesehatan, yang meniru kacang, dalam menurunkan glukosa darah dan kolesterol. Memasukkan sedikit gandum ke dalam makanan kita bisa menjadi cara yang baik untuk membantu kita “sehat”, dan memulai resolusi Tahun Baru kita dengan langkah yang benar.

Keuntungan sehat

Profil nutrisi soba terdiri dari kandungan protein yang lebih tinggi daripada kebanyakan biji-bijian, termasuk asam amino esensial dan 6 g protein per 1/4 cangkir (60 mL) biji kering. Ini juga mengandung serat larut dan tidak larut, antioksidan flavonoid seperti rutin dan quercetin, dan komponen yang terkait dengan vitamin B yang disebut D-chiro-inositol, yang dikenal untuk membantu meningkatkan kerja insulin. Karena karakteristik ini, soba sedang diteliti sebagai makanan fungsional potensial, yang merupakan makanan yang digunakan untuk meningkatkan atau menargetkan kondisi kesehatan tertentu.

Penelitian pada manusia telah menunjukkan manfaat soba dalam mengurangi glukosa darah dan kolesterol. Menurut sebuah studi Cina, konsumsi soba mengurangi glukosa puasa dan hemoglobin terglikosilasi pada pasien dengan diabetes. Studi lain menemukan bahwa, meskipun mengkonsumsi biskuit gandum tidak meningkatkan glukosa darah, namun meningkatkan hormon yang berhubungan dengan rasa kenyang (perasaan kenyang), menunjukkan bahwa mungkin membantu untuk membantu penurunan berat badan.

Sehubungan dengan kolesterol, satu penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi soba sebagai cookies (diakui metode yang cacat!) Mengurangi kadar myeloperoxidase (MPO), penanda peradangan, dan juga mengurangi kolesterol. Studi pada hewan juga menemukan efek penurun tekanan darah, antioksidan, dan antidiabetik.

Cobalah sendiri

Selain menjadi pilihan yang padat nutrisi, bebas gluten, gandum juga memiliki manfaat tambahan berupa paparan pestisida minimal. Buckwheat adalah tanaman yang tumbuh cepat dengan siklus jatuh tempo 30 hari, yang memungkinkannya untuk mengalahkan gulma dan membuat penggunaan pestisida tidak perlu.

Soba umumnya ditemukan di pengecer kesehatan alami dan dapat dimakan sebagai sereal panas, sebagai hidangan gurih, seperti pancake, roti, atau sebagai mie soba Jepang. Mengapa tidak mencobanya hari ini?

beranda

Menjadi Vegan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *