Seimbang dalam Gerakan

Seimbang dalam Gerakan

Cara holistik untuk hidup dengan baik dengan diabetes

Seimbang dalam Gerakan

Keseimbangan adalah komponen integral dari hidup sehat dengan diabetes. Einstein pernah berteori bahwa “hidup itu seperti naik sepeda. Untuk menjaga keseimbangan Anda, Anda harus terus bergerak. ”Tanda kebijaksanaan ini sangat relevan ketika datang untuk mengatur kadar gula darah dan belajar bagaimana berkembang dengan diabetes.

  • Secara global, lebih dari 400 juta orang hidup dengan diabetes.
  • Sekitar 11 juta orang Kanada hidup dengan diabetes atau prediabetes.
  • Sembilan dari 10 penderita diabetes memiliki tipe 2.

Sementara sepeda motor cruiser mungkin terselip sampai musim semi, kita masih bisa merangkul musim dingin Kanada kita dan berkomitmen pada kebiasaan sehat — tanpa menyelinap ke lereng yang dingin dari pola makan dan pola gaya hidup yang buruk.

Untuk cara optimal untuk mendukung kesehatan dan menyeimbangkan gula darah musim dingin ini, baca terus.

Dukung sistem kekebalan tubuh

Dokter naturopati Loreen Dawson mengatakan, “Cara paling efektif untuk mendukung sistem kekebalan tubuh di bulan-bulan musim dingin adalah mendapatkan tidur yang cukup, diikuti dengan diet sehat dan manajemen stres.”

Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur yang berkepanjangan dan respons stres yang menyertainya menyebabkan peradangan kronis, serta defisiensi imun. Kurang tidur dapat menyebabkan gangguan metabolisme glukosa dan peningkatan kadar insulin, yang dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Mengurangi stres juga merupakan faktor kunci dalam mengimbangi resistensi insulin.

Pada diabetes tipe 1 dan 2, kerentanan terhadap infeksi lebih tinggi karena respon imun umumnya lebih rendah. Peningkatan kadar glukosa darah berkontribusi terhadap penekanan kekebalan, peradangan kronis, dan penyembuhan luka yang buruk. Dengan demikian, menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat sangat penting bagi penderita diabetes.

Dawson setuju bahwa mengelola asupan gula dan karbohidrat olahan sangat penting dalam diabetes dan kesehatan kekebalan tubuh. Penurunan gula dan asupan karbohidrat olahan tidak hanya meningkatkan keseimbangan gula darah, tetapi juga dapat mengurangi respons peradangan dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Lakukan pemanasan untuk perubahan pola makan

Ini adalah musim untuk makanan yang lebih enak dan memanjakan diri sebelum pesta. Karena diabetes tidak pergi berlibur, moderasi adalah kuncinya. Mengintegrasikan hidangan bertenaga nabati yang sehat akan membantu mengatur gula darah dan mempertahankan energi di musim dingin — atau musim cabai?

Bumbui dengan sup campur buatan sendiri dan mangkuk cabai bergizi yang menawarkan serat, protein, dan karbohidrat kompleks. Berikan ruang pada pemanggang musim dingin Anda untuk sayuran padat nutrisi rendah glisemik seperti brokoli, kembang kol, labu spaghetti, labu, dan zucchini.

Hindari minuman yang sangat manis dan makanan ringan kemasan — bahkan jika itu nol kalori atau dimaniskan secara alami. Sementara mereka dapat membantu transisi dari gula rafinasi, pemanis sembunyi-sembunyi ini berfungsi untuk memperkuat keinginan manis alami kita dan mengidam gula.

Untuk perawatan yang sehat tanpa merasa kehilangan (pikirkan aturan 80/20), pilihlah makanan penutup yang ramah diabetes yang memiliki lemak nabati yang menyengat, kadar serat yang tinggi, dan jumlah gula buah yang lebih sedikit secara alami.

Manfaatkan kekuatan protein

Diet tinggi protein berkualitas, lemak sehat (alpukat, minyak kelapa mentah, kacang-kacangan mentah), dan makanan nabati rendah glikemik (lebih banyak sayuran hijau dan biji-bijian, polong-polongan yang kurang bertepung dan biji-bijian) dapat menjadi pendekatan yang efektif untuk mengelola diabetes. Mengkonsumsi protein berkualitas sangat penting dalam mempertahankan energi dan menyeimbangkan gula darah.

Sebuah studi acak terhadap 83 pria dan wanita dengan diabetes tipe 2 menemukan bahwa diet tinggi protein, dipasangkan dengan pelatihan ketahanan, menghasilkan penurunan berat badan, perubahan komposisi tubuh, dan peningkatan kontrol gula darah.

Masukkan sumber protein bersih seperti ikan hasil tangkapan liar, daging tanpa lemak organik, telur jarak bebas, tempe, biji kecambah, dan kacang-kacangan dan kacang-kacangan dalam jumlah sedang.

Gunakan beberapa alasan usus

Berteman dengan serat dapat memiliki dampak luar biasa pada gula darah. Studi tentang serat larut menunjukkan penurunan gula darah setelah makan dengan rata-rata 20 persen pada individu dengan diabetes tipe 1 dan 2. Serat makanan membantu melindungi gula darah tinggi melalui penundaan pengosongan lambung, atau laju di mana glukosa memasuki aliran darah.

Tingkatkan keseimbangan gula darah dan kesehatan usus dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti sayuran mentah, beri, psyllium, flax, chia, dan hati rami . Saat musim lauk pauk semakin meriah, cobalah menusuk beberapa artichoke — satu artichoke sedang mengandung hampir 7 g serat.

Ramuan dan suplemen yang harmonis

Alam menawarkan karunia pengatur gula darah alami. Sebelum memulai protokol ramuan atau suplemen baru, selalu berkonsultasi dengan praktisi kesehatan yang berkualitas.

Gymnema sylvestre, biji fenugreek, dan kaktus pir berduri semuanya menjanjikan dalam menurunkan kadar glukosa darah dan meningkatkan kontrol metabolisme pada diabetes. Melengkapi dengan micromineral chromium picolinate juga dapat meningkatkan kerja insulin dan metabolisme glukosa.

Pertimbangkan tautan vitamin D

Vitamin D sangat penting dalam memodulasi sel kekebalan dan mengatur peradangan. Kekurangan vitamin D juga dapat terlibat dalam pengembangan kondisi autoimun seperti diabetes tipe 1.

Sepanjang tahun ini, bisa menjadi tantangan gelap untuk menemukan 15 menit siang hari untuk mensintesis vitamin D melalui kulit. Dengan variasi individual, Dawson merekomendasikan “menguji kadar vitamin D pada musim gugur dan berkonsultasi dengan praktisi kesehatan Anda untuk mengoptimalkan simpanan vitamin D.” Sumber makanan yang tinggi vitamin D termasuk telur dan kuning kandang organik, ikan berlemak air dingin, dan jamur shiitake kering matahari.

Pikirkan perhatianmu

Berlatih makan dengan sadar dapat meningkatkan kenikmatan dan pencernaan setiap kali makan, belum lagi mengurangi stres.

Satu studi menemukan bahwa pelatihan meditasi mindfulness membantu orang dengan diabetes tipe 2 meningkatkan pilihan makanan secara keseluruhan, penurunan berat badan, dan kadar gula darah.

Kebiasaan makan yang penuh perhatian termasuk mengunyah setiap gigitan dengan saksama, melepaskan diri dari layar, dan duduk di meja selama makan. Dawson mencatat bahwa menyelesaikan diet harian dan memantau kadar glukosa darah pasca makan dapat membantu menanamkan kebiasaan makan yang sehat dengan diabetes.

Terlibat dalam aktivitas cepat

Meskipun cuaca di luar mungkin menakutkan, terhubung dengan alam dan menjadi aktif di luar ruangan sangat penting untuk berkembang. Olahraga teratur dengan intensitas sedang telah terbukti mendorong sensitivitas insulin dan manajemen berat badan. Satu studi menemukan bahwa 150 menit aktivitas fisik per minggu mengurangi perkembangan diabetes tipe 2 sebesar 58 persen pada pasien dengan gangguan toleransi glukosa.

Dawson merekomendasikan menemukan aktivitas fisik yang membuat Anda bahagia dan menjadikannya prioritas setidaknya selama 30 menit, lima kali per minggu. Di musim dingin, ia mendorong kliennya untuk berjalan di luar setiap hari dan berpartisipasi dalam olahraga musim dingin dan gerakan dalam ruangan seperti berenang dan yoga.

Anda dapat berkembang dengan diabetes

Diabetes tipe 2 adalah epidemi global yang mengejutkan; sering digambarkan sebagai kronis dan degeneratif. Berpegang teguh pada gaya hidup berkelanjutan dan perubahan pola makan, memantau gula darah secara teratur, dan bekerja dengan praktisi kesehatan pelengkap dapat sangat meningkatkan kesehatan dengan diabetes — sepanjang musim dingin dan seterusnya.

Herbal dan suplemen penambah kekebalan

  • Vitamin B kompleks: merupakan bagian integral dari metabolisme glukosa dan fungsi kekebalan tubuh.
  • Vitamin C: meningkatkan aktivitas sel-sel kekebalan tubuh.
  • Vitamin D: berperan kuat dalam memodulasi respons imun.
  • Seng: adalah mineral utama dalam respon imun dan produksi dan pensinyalan sel-T.
  • Astragalus: adalah ramuan adaptogenik yang meningkatkan fungsi dan produksi sel kekebalan tubuh.
  • Echinacea: terkait dengan penurunan durasi dan tingkat keparahan flu biasa.
  • Elderberry: memiliki sifat antivirus yang mengaktifkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi durasi beberapa gejala flu.
  • Probiotik multistrain: Sekitar 70 persen dari sistem kekebalan tubuh kita berada di usus, sehingga menjaga mikroflora yang sehat sangat penting untuk sistem kekebalan yang kuat.
  • Kunyit: Senyawa kunyit yang dikenal sebagai curcumin adalah anti-inflamasi kuat yang membantu mengatur aktivasi sel-sel kekebalan tubuh.

Cara alami untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

  • Cobalah untuk mengurangi stres emosional, fisik, dan mental yang negatif.
  • Pertahankan siklus tidur yang konsisten dan tenang.
  • Lakukan latihan harian yang lebih singkat dan gerakan di luar ruangan.
  • Menghilangkan karbohidrat olahan dan mengintegrasikan lebih banyak makanan nabati utuh, bersama dengan sumber protein berkualitas tinggi yang meningkatkan keharmonisan gula darah.
  • Bekerja dengan dokter naturopati atau ahli gizi holistik pada suplemen penambah kekebalan individual.

Tahukah kamu?

Di Kanada, lebih dari 60.000 orang didiagnosis menderita diabetes tipe 2 setiap tahun. Faktor risiko termasuk resistensi insulin, faktor keturunan, kebiasaan menetap, konsumsi tinggi gula rafinasi, dan obesitas. Pada diabetes tipe 2, pankreas biasanya masih memproduksi insulin. Ketika pankreas terus-menerus bekerja lembur untuk menghasilkan insulin untuk mengubah glukosa menjadi energi, sel-sel menjadi peka dan gula menumpuk di dalam darah. Ini dikenal sebagai resistensi insulin.

Diabetes tipe 1 ditandai dengan serangan autoimun pada sel beta penghasil insulin di pankreas. Orang yang hidup dengan diabetes tipe 1 memerlukan insulin harian yang diberikan sendiri, yang tidak menggantikan kemampuan bawaan tubuh untuk memproduksi insulin dan menyeimbangkan gula darah.

Komplikasi terkait diabetes untuk tipe 1 dan 2 termasuk kebutaan, neuropati, gagal ginjal, amputasi, penyakit jantung, dan stroke.

beranda

6 Manfaat Besar Berada di Alam (Bahkan Saat Dingin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *