Apa itu Pay to Win dan Pay to Play Dalam Dunia Game

Apa itu Pay to Win dan Pay to Play Dalam Dunia Game? Dalam dunia gaming, kita kerap kali menemukan istilah pay to win dan pay to play dari kalangan sobat gamers dari seluruh Indonesia. Istilah ini biasanya merujuk pada game yang memiliki sistem pembayaran di dalamnya (topup maupun langganan). Tapi, sebenarnya pay to win dan pay to play adalah dua hal yang berbeda. Apa perbedaannya?

Pay to Win

Dalam dunia game pay to win adalah sebuah kondisi atau sistem di mana kamu harus melakukan top up atau pengisian saldo untuk menjadi pemenang. Sebenarnya bukan menjadi pemenang secara pasti, tapi dengan melakukan topup kamu akan menjadi lebih mudah untuk menang karena top up tersebut bisa digunakan untuk membeli item dalam game yang akan membuat karakter kamu semakin kuat.

Apa itu pay to winGame yang menggunakan sistem pay to win kini sudah beredar luas di jagat raya. Bahkan kehadirannya cukup populer di masyarakat hingga membuat ajang turnamen dan liga-liga khusus di game-nya. Negatifnya adalah, sistem ini sangat memperlambat laju perkembangan para free player alias pemain gratisan. Di dalam sistem ini, perkembangan pemain sultan dan gratisan sangat terlihat jelas sehingga cukup sulit bagi free player untuk mengalahkan pemain yang melakukan top up.

Pay to Play

Berbeda dari pay to win, pay to play tidak harus mengeluarkan uang untuk menjadi seorang pemenang, baik di game online maupun offline. Pay to play berarti setiap pemain yang ingin memainkan gamenya harus membayar terlebih dahulu. Biasanya game ini ada di beberapa game PC atau PS yang memiliki alur cerita dan langsung ‘tamat’. Selain itu, pay to play hanya perlu melakukan transaksi satu kali saja.

Dapatkan permainan game terbaik populer dan juga bisa menghasilkan pulsa gratis dalam bermainnya seperti game slot pulsa online.

Itulah perbedaan mengenai apa itu pay to win dan pay to play. Dalam pengaplikasiannya, pay to win didominasi oleh game-game online. Sedangkan pay to play didominasi oleh game-game offline. Kalaupun game tersebut online, biasanya di dalam tidak terdapat beberapa aktifitas purchasing atau pembayaran lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *