Tips Memilih Modem Wifi yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Internet saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan wajib bagi semua umat manusia. Oleh karena itu penggunaan modem wifi juga semakin digandrungi oleh masyarakat. Dengan menggunakan perangkat ini siapa saja bisa terkoneksi langsung ke internet tanpa kapanpun dan dimanapun dia berada.

Memilih Modem Wifi yang Tepat

Ada berbagai macam jenis modem wireless ini tentunya memiliki spesifikasi berbeda yang harus anda samakan dengan kebutuhan. Memang bisa saja anda memilih modem over spec namun nantinya akan bernasib sama seperti naik kereta untuk pergi ke warung. Jika anda bisa melakukan dengan spek pas kenapa harus dilebihkan.

  • Pilih Sesuai Dengan Jaringan Kebutuhan

Saat ini jaringan telekomunikasi memang sudah mencapai generasi 5 atau 5g. Namun tidak semua keperluan harus anda selesaikan dengan menggunakan 5g. Bahkan beberapa pekerjaan masih sangat bisa diselesaikan dengan menggunakan jaringan 3g yang tergolong kuno.

Sebagai contoh anda membutuhkan internet hanya untuk keperluan mengirim email atau sekedar terhubung dengan chat. Menggunakan modem 3g dengan harga 100 ribuan saja sudah cukup mengatasi masalah anda. Berbeda lagi jika anda adalah seorang streamer.

Untuk keperluan streaming memang membutuhkan sinyal bagus terlebih lagi jika anda live game. Wajib hukumnya anda memilih modem 5g dengan budget minim 2 jutaan. Tentunya setiap spesifikasi harus disamakan dengan kebutuhan personal dari penggunanya.

  • Jauhi Modem Built In

Dengan semakin meluasnya jaringan 5g maka parai ISP berbondong-bondong membuat paket promo berupa modem langsung built in dengan kartunya. Jauhi produk seperti ini karena akan membatasi kebebasan anda dalam memakai kartu ISP lainnya.

Biasanya modem built in terbatas pada kartu yang promo saja. Tentunya modem tersebut akan menjadi tidak berguna setelah promo selesai atau ketika layanan dari ISP menurun. Potret penurunan kualitas ISP di Indonesia ini sudah menjadi rahasia umum jadi bisa dijadikan pertimbangan.

  • Pilih Modem yang Bisa Dipasang Multi SIM

Dengan menggunakan modem multi SIM maka anda tidak akan terbatas pada satu ISP saja. Jika anda hanya mengandalkan satu ISP saja bersiaplah untuk mengalami berbagai macam gangguan yang menyebalkan. Kualitas layanan ISP di Indonesia sangat tidak terjamin hingga saat ini.

Jadi dengan mengaktifkan dua sim sekaligus pengguna tidak perlu lagi takut ketika jaringan pada salah satu ISP drop. Masih ada kartu lainnya yang bisa digunakan menjadi backup plan. Ingat ISP murah di Indonesia kualitasnya sangat tidak bisa dipercaya.

  • Pilih Modem dengan Merk Jelas

Sudah sangat banyak sekali perusahaan yang membuat modem nirkabel. Sebagai pelanggan tentunya anda tidak boleh terkecoh hanya dengan harga murah. Biasanya mode dengan harga murah sangat buruk kualitasnya. Jika ada pasti perbandingannya sangat sedikit sekali.

Jadi pastikan brand dari modem yang akan anda beli merupakan merk ternama. Harga mahal memang tidak selalu menjamin kualitas namun setidaknya dengan barang yang mahal potensi anda untuk mendapatkan barang sampah akan jauh lebih sedikit.

Dengan mengetahui cara memilih produk modem nirkabel maka anda sebagai pelanggan dapat mencari spek yang sesuai. Tidak hanya itu sebagai pelanggan cerdas anda bisa mendapatkan produk dengan daya tahan dan kualitas yang bagus. Akan lebih baik mengeluarkan uang lebih asalkan mendapat produk kualitas prima.

Empat tips di atas bisa anda jadikan ketika mencari modem wifi jangan sampai anda tergiur oleh rayuan maut para sales gadget. Apa yang mereka katakan tidak pernah sepenuhnya benar dan hanya berniat menjual produk sebanyak-banyaknya. Jadilah pembeli cerdas dan selamat berbelanja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *